Friday, January 22, 2016

Tari Lilin Sumatera Barat

Tari Lilin Tarian Tradisional Sumatera Barat

Tari Lilin Tarian Tradisional Sumatera Barat
Tari Lilin

Tari Lilin yaitu tarian tradisional Sumatera Barat. Tari lilin ini adalah tarian istana pada jaman dulu yang dikerjakan saat malam hari. Beberapa penari yang lakukan tarian lilin terbagi dalam sebagian orang yang memakai piring kecil yang diisi lilin menyala ditangannya. 
Tari lilin senantiasa diiringin oleh musik yang dibawakan oleh sekumpulan musisi. Tari lilin dikerjakan dengan sangatlah hati-hati, supaya piring yang ada ditangan tak jatuh dan lilin yang ada pada piring itu tak mati.

Asal Usul serta Histori Tari Lilin
Asal Usul serta Histori Tari Lilin dari Sumatera Barat ini didasarkan pada narasi rakyat kalau konon seseorang gadis sudah ditinggalkan oleh tunangan yang pergi berdagang mencari harta. Sepanjang peninggalan tunangannya itu gadis sudah kehilangan cincin pertunangan. Gadis itu mencari cincin hingga larut malam dengan memakai lilin yang diletakkan pada piring. Gerakan badan yang meliuk, membungkuk, menengadah (berdoa) melahirkan keindahan hingga momen ini sudah melahirkan Tari Lilin di kelompok gadis-gadis desa.

Tari Lilin Tarian Tradisional Sumatera Barat
Tari Lilin

Gerakan Penari Lilin
Gerakan yang dikerjakan penari lilin yaitu menari dengan memutarkan tangan yang memegang piring dengan posisi piring tetaplah mendatar serta lilin tak padam

Baju Penari Lilin
Sedang baju yang dipakai oleh penari lilin yaitu baju kebiasaan wanita khas minangkabau, salah satunya pemakaian tengkuluak (hiasan kepala berupa lancip), pakaian batabur serta lambak/sarung.

1 comment:

  1. How do I make money off sports betting at 888?
    If you're looking for a professional หารายได้เสริม bettor on the sports and you're a beginner, you'll need to find some basic understanding of how to make money on

    ReplyDelete