Sunday, January 31, 2016

Tari Barong ( Tarian Bali )


Tari Barong adalah tarian yang ditarikan oleh dua orang penari lelaki, seseorang memainkan sisi kepala barong dan kaki depan, serta seseorang lagi memainkan sisi kaki belakang serta ekor. Barong yaitu ciri-ciri dalam mitologi Bali, sedang di Jawa dimaksud Barongan. Sebagai roh pelindung, Barong kerap dipertunjukkan sebagai seekor singa. Ia yaitu raja dari roh-roh dan melambangkan kebaikan, adalah musuh Rangda dalam mitologi Bali.


Di pulau Bali tiap-tiap sisi pulau Bali memiliki roh pelindung untuk tanah serta hutannya semasing. Barong singa yaitu satu diantara lima bentuk Barong.

Tari Barong
Tari Barong
Tiap-tiap Barong dari yang mewakili daerah spesifik digambarkan sebagai hewan yang tidak sama. Barong yang berupa binatang mytologi ini sangat banyak jenisnya ada yang kepalanya berupa kepala singa, harimau, babi rimba jantan (bangkal), gajah, lembu atau keket. Bentuk Barong sebagai singa sangat popular serta datang dari Gianyar.

Tari Barong adalah peninggalan kebudayaan Pra Hindu yang memakai boneka berwujud binatang berkaki empat atau manusia purba yang mempunyai kemampuan magis.

Disangka kata barong datang dari kata bahrwang atau disimpulkan beruang, seekor binatang mythology yang memiliki kemampuan gaib, dikira sebagai pelindung. Namun di Bali sebenarnya Barong bukan sekedar di mewujudkan dalam binatang berkaki empat walau demikian ada juga yang berkaki dua. Topeng Barong adalah benda sakral yang begitu disucikan oleh orang-orang Hindu Bali.

No comments:

Post a Comment